Peluang Usaha Abon Ikan di Kelompok Konstituen Kel. Sodoha

Kelurahan Sodoha merupakan salah satu wilayah program dari Rumpun Perempuan Sultra. Kelurahan Sodoha Kec. Kendari Barat memiliki 18 RT dan 7 RW, total penduduk di periode 20 Agustus 2024 sebanyak 2.817 jiwa, terdiri dari Laki-Laki 1.383 Jiwa dan Perempuan 1.434 Jiwa. Wilayah program ini menjadi perhatian penting, sehingga dibentuklah Workshop Kelompok Konstituen yaitu organisasi yang dibentuk oleh warga berbasis pada kepentingan warga dengan tanpa membedakan latar belakang atau alasan apapun (status sosial, agama, suku, ras, laki-laki dan perempuan, serta disabilitas). Pembentukan Kelompok Konstituen dilakukan di Kantor Lurah Sodoha dan di SK-kan oleh Lurah pada tanggal 15 Maret 2015 dan telah direvitalisasi pada tahun 2023.

Kelompok Konstituen merupakan perkumpulan orang-orang lelaki dan perempuan dari berbagai latar belakang yang bersama-sama memperjuangkan apa yang menjadi hak dan kepentingan warga serta kewajibannya.

Kelompok yang telah terbetuk menjadi forum diskusi dan sharing/tukar informasi antar warga tentang kebutuhan bersama khususnya masyarakat miskin, disabilitas dan perempuan untuk ditindaklanjuti bersama sesuai arah dan peluang penyelesaiannya, menjadi forum pengaduan atau lembaga alternative penyaluran aspirasi bagi masyarakat ditingkat kelurahan tentang permasalahan dan kebutuhan, menampung aspirasi warga/masyarakat untuk mendorong terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas bagi warga, menjadi mediator bagi warga dengan pihak-pihak penyelenggara pelayanan publik.

Salah satu kegiatan kelompok konstituen ini adalah selain diskusi reguler membahas permasalahan sosial yang ada di lingkungan terkait KIS, KIP, dan BPNT, bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membangun jaringan bersama pihak terkait. Selain itu melihat potensi yang ada, yakni dengan posisi wilayah yang berada di pingir laut, ada lokasi jual beli hasil laut, dan sebagian penduduk memilih sebagai nelayan sehingga ketersedian ikan tidak terbatas, artinya kebutuhan penduduk terpenuhi dengan dukungan adanya pasar ikan di wilayah pesisir.

Potensi dengan ketersediaan ikan yang melimpah, kelompok konstituen ini melalui diskusi reguler bersama pendamping dari Rumpun Perempuan Sultra memberikan motivasi dan inisiatif untuk membentuk struktur organisasi kepengurusan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) pada akhir tahun 2023 dengan produk Abon Ikan. Sebanyak 10 orang anggota yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota. Peran masing- masing telah dibagi sesuai yang telah disepakati bersama, ada yang mencari bahan dasar yakni ikan, menyiapkan bumbu, mengolah bumbuh, mengolah ikan, mengolah semua bahan dan proses pengepakan, serta penjualan. Adapun sumber modal di siapkan oleh anggota kelompok dengan urungan, sehingga banyaknya produksi menyesuaikan ketersediaan dana yang masih minim.

Hasil produksi abon dipasarkan melalui teman, online, via WatsApp dengan kemasan 150.gr, 500 gr dan 1.000 gr. Pemesanan yang jauh akan diantarkan oleh ojek online. Untuk meningkatkan kapasitas pengurus kelompok usaha bersama Rumpun Perempuan Sultra telah memberikan Pelatihan Mendalami Usaha dan Pembukuannya yang bertujuan untuk mengenali, mendalami suatu usaha dan menerapkan pembukuan dalam berusaha. Selain itu pembukuan dan pencatatan keuangan sudah dapat dipisahkan dengan pencatatan keuangan rumah tangga, sehingga modal dan keuntungan dapat diketahui dalam setiap produksi dan penjualannya. Untuk kelengkapan kelegalan Usaha Abon, telah didampingi ke PTSP untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sekaligus mengusulkan untuk mendapatkan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) produk tersebut. Dengan terdaftarnya usaha tersebut maka peluang untuk penjualan semakin besar untuk dipasarkan, tidak hanya diwarung-warung akan tetapi melalui toko oleh-oleh yang tersebut di dalam wilayah Kota Kendari. Dengan penjualan yang semakin meningkat tentunya dengan harapan peningkatan ekonomi bagi anggota pengurusnya akan semakin baik

Penulis: Sarsina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *